ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Kutai Timur Jadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Bidang Kesejahteraan Sosial se-Kaltim

Longtime.id – Kutim dipercaya jadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (rakor) dan Sinkronisasi Teknis Bidang Kesejahteraan Sosial se-Kaltim tahun 2024.

Acara itu mengusung tema “Sinergitas Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) untuk Antisipasi Dampak Sosial di Kaltim Sebagai Serambi IKN.”

Dibbuka secara resmi Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, Diddy Rusdiansyah Anan Dani, di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Kamis (16/5/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Diddy menekankan peningkatan investasi sebesar 10 persen di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), yang juga diikuti oleh pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

“Tetapi kita juga harus waspada terhadap sisi negatif dari kehadiran IKN. Permasalahan kesejahteraan sosial harus diantisipasi dan dimitigasi sejak awal,” tuturnya.

Diddy menyatakan kehadiran IKN harus dimanfaatkan untuk kemajuan bersama. Meski yang terdekat dengan IKN adalah Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, kabupaten/kota lainnya juga harus bisa mengambil manfaatnya.

“Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Kaltim tahun 2024-2026 memastikan peningkatan indeks pembangunan masyarakat, peningkatan ekonomi, penurunan angka pengangguran, dan penekanan tingkat kemiskinan,” katanya.

Ia lebih jauh menekankan pentingnya peran Dinas Sosial sebagai ujung tombak pemerintah dalam menyelesaikan masalah sosial.

“Kita bangga bisa mengurangi angka kemiskinan hingga 6,11 persen. Ini adalah prestasi luar biasa dari Dinas Sosial mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota,” tuturnya.

Dia menekankan pentingnya data akurat. Sehingga jangan sampai data tidak tersedia. Kesalahan data bukan masalah, tetapi ketiadaan data adalah masalah besar.

Data yang dihasilkan bukanlah keputusan final. “Namun merupakan kewajiban kita untuk terus memperbaruinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kadinsos Kutim Ernata, yang mewakili Bupati Kutim, menyampaikan bahwa Pemkab Kutim terus berbenah menjadi lebih baik.

Dengan visi “Menata Kutai Timur Sejahtera untuk Semua,” perkembangan infrastruktur dan sumber daya manusia di Kutim menunjukkan kemajuan pesat. “Atas nama pemerintah daerah Kutim, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir di Sangatta.”

Ia menjelaskan Pemkab Kutim telah mendesain Bukit Pelangi sebagai pusat perkantoran sekaligus tempat wisata, dengan berbagai taman seperti Taman Venus yang ramai dikunjungi pada hari libur, serta taman bahari dan taman-taman lainnya.

“Selamat menikmati suasana kota Sangatta tercinta dan wisata-wisata yang ada di sini,” pungkasnya.

Kadinsos Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak, dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan Rakor ini adalah mengidentifikasi masalah kesejahteraan sosial di setiap kabupaten/kota dan merumuskan rencana intervensi dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota.

“Kita akan merumuskan komitmen bersama untuk menyelesaikan persoalan sosial di Kaltim,” tutur Andi.

Rakor ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim dan berlangsung dari tanggal 15-17 Mei 2024, dengan menghadirkan narasumber Lucy Sandra Butar Butar, Analis Kebijakan Madya II Biro Perencana dari Kementerian Sosial RI. (ADV)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button